Kelebihan Menggunakan Cara Alami dalam Menghilangkan Jerawat

Ada budaya besar yang membuat kita beranggapan bahwa cara alami dianggap sebagai alternatif. Pemikiran seperti itu membuat kita semua menomer dua kan cara alami dan menganggap bahwa cara pokok adalah kimia.
Bahkan dalam cara menghilangkan jerawatpun, pengobatan menggunakan bahan-bahan dari alam langsung, dianggap alternatif. 


Lupakan sejenak tentang cara cepat menghilangkan jerawat di wajah. Faktanya, untuk menghilangkan jerawatlah tidaklah bisa dilakukan secara instan. Ada berbagai macam proses di dalam tubuh yang membuat penyakit di kulit tersebut hanya bisa hilang melalui berbagai macam tahap dan fase.

Berbagai macam masker alami memang banyak dilakukan oleh wanita, dari jeruk nipis, lidah buaya, kelor, dan bahan-bahan lain. Namun, kembali lagi bahwa cara-cara tersebut bisa berhasil dengan berbagai macam faktor yang sangat banyak. Dokter kulit tentunya lebih paham tentang hal ini.

Bahan-bahan tersebut sifatnya hanya mengobati dan mayoritas pengguna bahan alami, karena ada kekhawatiran efek dari penggunaan bahan kimia. Namun kalian juga harus paham bahwa semua bahan alami juga memiliki unsur kimia. Jadi, ada bahan alami yang pastinya menimbulkan efek samping.

Terlepas dari itu, saya di sini akan mengupas tuntas tentang penyebab orang lebih memilih menggunakan bahan alami ketimbang cara kimia:

1. Adanya penganggapan Cara Alami tidak menimbulkan efek samping

Cara alami tentu menggunakan bahan yang dihasilkan langsung dari alam. Penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat bisa dari buah, sayur, bahkan umbi-umbi tertentu yang tertanam di dalam tanah. Selama ini orang percaya bahwa segala sesuatu yang bersumber dari alam tidak memiliki efek samping.


Namun, tidak seperti itu fakta kesehatan. Semua bahan alami akan memiliki efek samping baik kecil hingga besar tergantung sensitifitas atau proses dalam tubuh itu sendiri. Apalagi untuk kulit, kalian mengobati dengan jeruk nipis yang alamipun, ada beberapa orang yang justru menimbulkan alergi lain bagi kulit.

Kalian tidak perlu khawatir karena memang efek negatif cara alami itu memang cenderung lebih kecil tinimbang cara kimia. Pengobatan ke wajah menggunakan obat kimia dapat memunculkan bercak - bercak di kulit, kulit kering, dan kulit kemerahan. Pengolahan alami dilakukan secara tradisional, tanpa campuran bahan kimia atau sintetik. Oleh karena itu, cara alami tidak memiliki efek samping dan aman digunakan

2. Sisi negatif obat kimia yang berbahaya bagi tubuh


Kalian juga perlu tahu tentang sisi negatif obat kimia bagi tubu. Efek samping langsung atau terakumulasi, hal ini terjadi karena obat modern terdiri dari bahan kimia yang murni baik tunggal maupun campuran. mereka mengalami fase yang tidak menggunakan tangan langsung. 

Bahan kimia bersifat tidak organis dan murni sehingga bersifat tajam dan reaktif (mudah bereaksi) sedangkan tubuh kita bersifat organis dan kompleks, sehingga bahan kimia bukan merupakan bahan yang benar-benar cocok untuk tubuh. Penggunaan bahan kimia untuk tubuh terpaksa dilakukan dengan berbagai batasan dan dalam tingkat masih dapat diterima atau ditoleransi oleh tubuh.

3. Cara Kimia Harus Dengan Resep Dokter

Pengatahuan kalian tentang menggunakan obat tentu hanya sedikit. Hal ini dikarenakan ada orang yang lebih berkompeten dan ahli dalam menganalisa dosis obat kimia, yaitu dokter. Obat kimia dalam jangka waktu tertentu bisa berubah menjadi racun bagi tubuh. 



Sehingga pemakaian cara kimia dalam mengobati jerawat harus melalui kontrol ketat dari dokter dan tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Sebaliknya obat Tradisional bersifat bebas racun. Dengan pemakaian yang tepat obat alami aman digunakan oleh siapa pun. 

4. Masker Bahan Alami tidak hanya Menghilangkan jerawat

Katakanlah masker daun kelor, dia berfungsi tidak hanya menghilangkan jerawat, tetapi juga memiliki manfaat lain yang bagus untuk kulit. Masker dari daun kelor dapat memutihkan wajah, merawat kulit, membuat kulit halus dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan klorofil dalam masker kelor dapat membuat kulit agar tidak kering.

Tidak hanya kelor, namun hampir seluruh bahan alami memiliki multifungsi yang bermanfaat bagi kulit. Efek multi dikarenakan kandungan dari bahan alami juga tidak hanya terdiri dari satu nutrisi yang mendominasi, namun juga nutrisi yang kompleks dan variatif.

5. Relatif mudah di dapat

Kalian tidak perlu melakukan antri di rumah sakit atau klinik kecantikan dalam rangka mengobati jerawat. Bahkan kalian tidak perlu memerlukan resep dokter untuk menggunakan bahan alami dalam mengobati jerawat. Mengingat bahwa bahan yang kalian cari bisa didapatkan dengan mudah di pasar, supermarket bahkan di petani langsung.


Jika bahan tersebut memang cocok untuk kulit kalian, maka bisa ditindaklanjuti dengan menanam sendiri di pekarangan rumah. Dengan begitu kalian bisa memetiknya setiap saat tanpa harus repot pergi ke pasar dan mengeluarkan uang. 

Yakin tidak tertarik untuk mencoba cara alami???

6. Terdapat Berbagai Macam Variasi Cara

Untuk pengobatan cara alami ini, kalian bisa berkreasi dengan berbagai macam cara. Alih-alih kalian bisa menjadi Dokter bagi diri kalian sendiri. Seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya, ada berbagai macam cara alami dalam mengobati jerawat. Baik itu dengan daun kelor, jeruk lemon, air garam, lidah buaya, dll.

Lha tugas kalian adalah untuk mencari dari bahan-bahan tersebut yang dirasa pas untuk kulit kalian. Apabila tidak cocok, kalian bisa memilih bahan lain untuk eksperimen. Fenomena ini sudah menunjukkan bahwa kalian meneliti dan menjadi dokter bagi diri sendiri dengan memilah-milah.

Tidak hanya itu, ketika sebuah bahan alami tidak cocok dijadikan masker, kalian masih bisa berkreasi dengan menjadikannya olahan minuman. Beberapa bahan seperti lemon, jeruk nipis, dan kelor bisa dijadikan olahan minuman lho. Tentunya itu bermanfaat untuk mengobati jerawat di wajah melalui mekanisme internal dari dalam tubuh.

7. Harga cenderung murah 

Kalau ini sudah tidak perlu diulas, karena bahan yang mudah dapat biasanya harganya murah. Jeruk lemon bisa kalian dapatkan di pasar dengan harga yang relatif murah dan lebih irit. Bahkan kalian bisa mendapatkan itu secara gratis ketika kalian menanamnya sendiri di pekarangan rumah atau dikebun.

Pengeluaran biaya biasanya hanya untuk membeli alat dalam mengolah, itupun sudah ada di dapur. Beberapa alat yang dibutuhkan seperti, pisau dapur, saringan, mangkuk, cotton belt, kapas, dsb yang biasanya juga mudah di dapat serta murah pula. Alam memang sudah menyiapkan segala bahan yang bisa kalian manfaatkan untuk kesehatan tubuh.

8. Proses pembuatan tidaklah rumit

Tentu hal ini tidak bisa dipungkiri pula, bahan yang mudah didapat biasanya juga mudah diolah. Tinggal kemauan kalian untuk mencoba dan melakukan berbagai macam kreatifitas. Bahan alami bisa dibuat jus, masker, bahkan diaplikasikan langsung ke kulit. 


Uniknya, disini kalian bisa mencoba berbagai macam cara yang dirasa nyaman untuk kulit. Berbagai macam bahan alami juga bisa dicampur satu sama lain lho, dengan takaran yang sebenarnya bisa kalian tentukan sendiri. Biasanya bahan alami jika dicampur satu sama lain akan memberikan nutrisi ganda karena masing-masing bahan alami punya nutrisi yang berbeda pula.

9. Cara Alami Lebih Menghargai Proses

Memang ini bisa dilihat sebagai sisi kelemahan dimana pengobatan alami ke kulit cenderung lebih lambat sembuhnya ketimbang cara kimia. Namun, proses lambat inilah yang justru tidak akan menimbulkan efek samping yang berbaha bagi kulit kalian.

Berbeda dengan cara kimia yang bekerja cepat, namun menimbulkan efek yang sifatnya jangka panjang bahkan mengerikan bagi kondisi tubuh. Tidak tanggung-tanggung, kanker kulitpun bisa terjadi sebagai salah satu efek paling mengerikan. 

Ketauilah, meskipun masker kimia diaplikasikan di luar, namun efeknya bisa sampai di dalam tubuh. semua bahan kimia yang terdapat dalam masker tersebut akan diserap oleh pori-pori kulit dan masuk ke dalam internal tubuh. Tidaklah bisa kalian mengamatinya secara kasat mata / secara indera karena efeknya bisa terjadi di masa tua.

Lha cara alami ini benar-benar hanya terdiri dari nutrisi alami sebagai pemberian dari tuhan. Keberadaan nutrisi di dalam bahan tersebut memiliki efek yang positif untuk tubuh. Hanya saja kalian perlu melihat takaran dan dosis yang pantas untuk kulit. Ketika mulai ada rasa tidak nyaman, kurangi penggunaan atau bisa gunakan cara lain.

10. Penggunaan Cara Alami sudah membudaya sejak nenek moyang

Menjadi salah satu kearifan lokal yang luar biasa untuk dibanggakan lho. Nenek moyang kita dahulu memiliki kulit yang sehat dan jarang ada yang terkena jerawat. Memang, mereka tidak konsen terhadap kecantikan tubuh. Namun, wajah mereka biasanya sehat dan tidak terdapat berbagai macam bintik hitam.

Beberapa penelitian menemukan bahwasanya masyarakat kita dulu sudah mengkonsumsi bahan-bahan alami yang secara tidak sengaja menutrisi kulit dan menjadikan kulit tetap sehat. Padahal, aktifitas fisik mereka lebih banyak ketimbang kita yang berada di era modern ini. 


Biasanya yang terlihat mencolok dalam menjaga kecantikan tubuh adalah putri-putri yang tinggal di keraton / lingkup kerajaan. Mereka memiliki penasehat kesehatan sendiri untuk menjaga kesehatan tubuh, baik kecantikan wajah, kulit dan pancaran cahaya dari tubuh itu sendiri. 

Sebuah referensi saya temukan bahwa para ratu / putri kerajaan di masa lampu menggunakan ramuan tradisional dari cengkeh, kemiri, kenanga, kunyit, tepung beras, dsb sebagai perawatan dalam kesehariannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa mau tidak mau mereka harus selalu tampil cantik dan menawan untuk membedakan kaum bangsawan dengan pribumi.