Tips dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lemon

Jerawat terjadi akibat penumpukan minyak berlebih, pori-pori tersumbat, radang dan bakteri. Produk over-the-counter tersedia untuk mengatasi jerawat, namun harganya mahal. Jus lemon adalah
obat rumah untuk perawatan jerawat dan harganya murah dibandingkan dengan produk jerawat.


Lemon mengandung zat alami dan zat antibakteri yang bertindak sebagai exfoliant untuk membantu mengangkat sel kulit mati lebih cepat dan mencegah pori-pori tersumbat. Jus lemon bukan pengganti perawatan medis; konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendiskusikan risiko potensial atau jika kondisi Anda memburuk.


Sebuah uji penelitian menemukan bahwa aktivitas antibakteri air perasan buah jeruk lemon menunjukkan bahwa diameter hambat yang dimiliki oleh air perasan buah jeruk lemon memiliki aktivitas antibakteri terhadap Propionibacterium acnes pada konsentrasi 12,5, 25, 50, 75, dan 100%.


Perlu kalian tahu, propionibacterium acnes sendiri merupakan stimulus terjadinya inflamasi jerawat pada kulit. Bakteri ini menghasilkan lipase yang membebaskan asam lemak bebas dari lemak yang ada di kulit sehingga menyebabkan terjadinya jerawat (Brook, 2012). 


Di dalam jeruk lemon terkandung asam sitrat dan kaya akan vitamin CAsam Sitrat dapat membantu mengeringkan jerawat, salah satu langkah penting salam mengobati jerawat. Selain itu asam sitrat juga berperan dalam pengelupasan kulit. Kandungan vitamin C dalam lemon bermanfaat untukmencerahkan/ memutihkan kulit. Sehingga, noda kemerahan pada kulit akibat peradangan, dapat sedikit tersamarkan. Pengelupasan kulit wajah oleh asam sitras disertai pemutihan/ penyamaran noda kemerahan oleh vitamin C, membantu memperbaiki tampilan kulit anda.


Bagaimana Lemon Menghilangkan Jerawat?

Dengan mengolah lemon untuk menjadikannya jus, lemon akan memiliki kualitas dalam melawan jerawat dan bisa untuk membersihkan kulit wajah kalian dengan cara berikut:



1.      Mengurangi minyak: Asam dalam jus lemon memiliki sifat zat yang ringan. Astringents bekerja dengan menyempitkan jaringan tubuh dan mendorong minyak keluar dari jaringan kulit

2.      Membunuh bakteri: Asam sitrat jus lemon juga berperan sebagai antiseptik. Karena bakteri memiliki waktu yang sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan asam, jus lemon dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang hidup di dalam atau di bagian atas kulit 

3.      Murah: Kalian cukup membeli beberapa lemon dengan harga yang murah di super market atau di pasar tradisional jika ingin lebih murah. Bisa juga kalian membeli secara online dengan kemudahan aksesnya. Pengeluaran lain hanya untuk membeli kapas untuk menerapkannya

4.      Mengurangi kemerahan: Banyak yang menemukan bahwa mengoleskan zat seperti jus lemon sangat mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

5.      Terapi Scar: Beberapa percaya jus lemon adalah cara alami untuk mengurangi bekas luka yang disebabkan oleh jerawat. Belum ada penelitian klinis untuk mendukung klaim ini.

Cara Mengobati dan Menghilangkan Jerawat dengan Lemon



  • Ambil sebuah lemon dan cuci dengan air bersih tanpa menggunakan deterjen

  • Potong lemon minimal menjadi 2 bagian agar gampang pengerjaannya
gunakan pisau yang bersih dan higienis untuk membelah

  • Selanjutnya peras lemon untuk mengeluarkan ekstraknya di sebuah wadah.
kalian bisa memerasnya menggunakan tangan
Atau menggunakan alat pemeras buah

  • Taruh perasan lemon pada wadah yang bersih, bisa berupa wadah gelas ataupun plastik
jangan sampai ada biji lemon masuk

  • Siapkan air hangat dari tremos, jika panas kalian bisa mencampurkannya dengan air dingin
air hangat tersebut ditaruh dalam baskom kecil

  • Cuci mukakalian dengan sabun dan air hangat.

  • Kemudian siapkan cotton bud dan celupkan pada jus lemon.

  • Oleskan bola kapas atau cotton bud langsung ke bagian yang bermasalah pada kulit.

  • Lanjutkan prosesnya dengan mencelupkan kembali bola kapas kemudian mengoleskannya pada bagian kulit yang berjerawat. Lakukan terus hingga semua area terlapisi.
  • Tunggu semalaman agar perasan lemon kering di kulit kalian selama kalian tidur.
  • Di pagi hari, cuci area tersebut dengan air dingin dan keringkan dengan cara menepuk-nepuknya dengan handuk.
Ulangi secara teratur sebanyak 2 kali sehari untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat. Kalian juga dapat mengoleskan langsung buah lemon yang telah dibelah, ke area yang bermasalah.


Lebih Jelasnya Download Apk Dibawah Ini

Nama : Cara Mengatasi Jerawat
Ukuran : 1.48 MB
Link Download