9 Langkah dan cara menghilangkan jerawat dengan lemon dan madu


Selama ini kita tahu bahwa ada 2 metode besar dalam menangani masalah jerawat. Pertama menggunakan bahan kimia dalam berbagai wujud cream ataupun obat, dan kedua menggunakan cara alami atau secara tradisional.  Perlu kalian tahu,
menggunakan bahan kimia memang dapat lebih cepat menghilangkan jerawat namun dengan beberapa efek sampung. Dalam jangka panjangnya dapat merusak kealamian kulit, sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan bahkan dapat mengakibatkan peradangan pada kulit.



Buah yang kaya akan vitamin C ini juga mengandung Asam sitrat dan asam L-Absorbic yang berperan dalam melawan jerawat. kandungan vitamin C dalam lemon juga memiliki peran penting dalam membuat wajah kalian cerah.


Cara pemakaian jeruk lemon untuk wajah sebenarnya tidak sulit, namun sedikit merepotkan. Yang pertama harus disiapkan adalah membeli buah lemon. Setelah itu kalian harus mengolahnya, biasanya dipadukan dengan bahan alami lain agar adonan yang dihasilkan lebih efektif untuk menghilangkan jerawat.

Kali ini saya akan menulis tentang cara memadukan lemon dengan madu untuk mengobati jerawat. Perlu kalian tahu, perpaduan lemon dengan madu sangatlah pas. Sifat asam dari lemon dapat membuat kulit kering, sedangkan madu bersifat melembabkan. Kedua sifat yang berbeda ini jika dikombinasikan, akan sangat baik untuk mengobati jerawat, tanpa membuat kulit kering.

Kalian juga perlu tahu, kombinasi antara jus lemon dengan madu dapat memberikan beberapa manfaat tidak hanya terhadap tetapi juga terhadap kulit, yaitu:

  • ·         Menghilangkan dan membersihkan jerawat.
  • ·         Termasuk kategori pembersih yang lembut. Karena memang ada bahan alami yang cenderung kasar dalam membersihkan jerawat.
  • ·        Mengurangi kemerahan dan langsung menenangkan iritasi.
  • ·         Membuat kulit bersinar.
  • ·         Mengurangi  kulit yang kekeringan dan mengelupas.
  • ·         Madu adalah humektan sehingga dapat menghidrasi kulit.

  •       Mengeringkan jerawat.
  • ·         Mengecilkan ukuran pori-pori.
  • ·         Menghaluskan kulit.
  • ·         Mencerahkan kulit.
  • ·   Mengeluarkan warna kulit (karena kerusakan akibat sinar matahari atau noda) dan bantu jaringan parut.
  • ·  Bakteri tidak bisa hidup di lingkungan yang tercakup dalam madu, karena kandungan antiseptiknya.




Namun, Beberapa kulit sensitif terhadap jus lemon ini. kalian perlu untuk menguji masker pada area lain, seperti bagian dalam siku sebelum mengoleskan jus lemon ke wajah. Penting untuk dilakukan agar wajah kalian tidak mendapatkan efek samping setelah melakukan treatment lemon dan madu.

Sebagian besar kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari setelah aplikasi jus lemon jadi jangan bepergian ke luar dengan masker ini, dan kenakan pelindung matahari yang sesuai, seperti topi dan krim pelingung.

Terlepas dari itu, mari kita lihat langkah dan apa yang harus disiapkan:


1. Siapkan Madu alami. Madu alami ini tidak bisa kalian dapatkan di sembarang supermarket ataupun mini market. Biasanya yang dijual ditempat tersebut sudah melalui proses pengolahan

madu alami untuk efektifitas pengobatan

Perlu kalian ketahui tidak semua madu akan mampu dimanfaatkan sebagai obat. Sebaiknya tidak memilih madu yang sudah jelas diolah dan dicampur bahan lainnya. Dengan madu asli, bahan ini menjadi bahan yang sangat tepat untuk mengobati serta menghilangkan jerawat serta bekas-bekas yang ditimbulkannya

2. Tuangkan madu ke mangkuk kecil, lalu tambahkan air perasan jeruk lemon. 



3. aduklah hingga rata dan bercampur. Jangan sampai ada dominasi antara keduanya, jikalau ada, usahakan dominasi terdapat pada perasanlemon. 



4. bersihkan wajah kamu terlebih dahulu, lalu keringkan menggunakan handuk cukup ditepuk-tepuk, jangan digosok-gosok agar tidak meninggalkan serta tisu/handuk di wajah



5. Siapkan air panas mendidih, dan buatlah wajah kalian agar terkena uap air mendidih tersebut. Ini dilakukan agar pori-pori wajah kamu terbuka, sehingga khasiat masker lebih terasa.




6. oleskan campuran perasan sari lemon dengan madu pada jerawat. Cara memeras lemon sudah saya terangkan pada artikel sebelumnya

7. diamkan 15 - 20 menit atau hingga masker kering. Proses pendiaman ini dilakukan agar masker bisa bekerja secara efektif. 

8. bilas dengan air hangat hingga wajah bersih. Akhirilah dengan percikan air dingin agar pori-pori tertutup.

9. Tepuk - tepuk perlahan dengan handuk kering

lakukan sesering mungkin pada malam hari sebelum tidur