6 Langkah sederhana dan simpel menghilangkan jerawat dengan garam

Tidak hanya berkaitan dengan kesehatan, jerawat juga memiliki keterkaitan dengan kondisi psikologis seseorang. Bagi yang masih remaja tentulah tahu bahwa tampilan wajah menjadi sesuatu yang wajib dijaga, apalagi di era media sosial sekarang ini. Bahkan kalian harus menggunakan kamera "jahat" kan agar wajah kalian keliatan sehat dan bersinaar?? hehe....


Secara personal jerawat memang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Namun, secara kesehatan jerawat dapat dikategorikan sebagai penyakin yang bisa disebabkan oleh kotoran dan debu yang masuk ke pori-pori wajah. Faktor lain bisa disebabkan oleh produksi minyak berlebih, pengaruh hormon, serta komedo yang menumpuk di kulit.

Dalam era booming ini, mulai muncul tren dalam menggunakan cara tradisional untuk menghilangkan jerawat. Apalagi kalian yang "remaja" masih mengandalkan uang saku dari orangtua, biasanya akan lebih sering menggunakan cara ini karena cara medis membutuhkan biaya yang tentunya tidak sedikit.

jerawat yang muncul diwajah tak harus anda hilangkan dengan menggunakan produk kecantikan wajah yang kebanyakan memiliki harga yang cukup mahal dan ada juga produk kecantikan wajah yang memiliki efek samping yang berbahaya bagi wajah kita. Tapi tidak sedikit pula yang lebih percaya dengan menggunakan cara medis dengan salah satu alasan tidak ingin mengambil risiko. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa cara medis biasanya telah melalui uji kesehatan ilmiah.

Bagi kalian yang ingin menggunakan cara tradisional dan sederhana, ada nih tips dalam menghilangkan jerawat, minimal meminimalisir tumbuhnya jerawat baru. Caranya yaitu menggunakan garam dapur.Garam adalah senyawa sodium klorida. Jika dilarutkan ke dalam air, garam akan menjadi larutan ionik yang mengandung belerang dan kalium. Zat ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar air pada kulit

Tapi....

Apakah bisa kita menghilangkan jerawat dengan air garam??Sebenarnya ada berbagai macam cara tradisional dan alami lain, seperti menggunakan jeruk nipis, lemon, kelor, dll. Tentulah akan semakin menimbulkan pertanyaan, apakah memang bisa??

Kalian perlu tahu sedikit tentang budaya jaman dulu di masyarakat desa khususnya, mereka seringkali menggunakan air garam hangat untuk mengobati berbagai macam penyakit-penyakit ringan. Dari penyakit luar seperti gatal dengan dikompres, hingga penyakit dalam dengan cara diminum.

Sedikit informasi, ari garam itu mengandung potasium dan beleran, dimana dua komponen ini akan bekerja untuk menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit serta menghilangkan kotoran yang bisa membuat jerawat bertambah parah.

Garam juga merupakan Senyawa Natrium Klorida, apabila dicampurkan di dalam air, akan membentuk larutan ionik yang dapat melindungi keseimbangan air pada kulit. Air garam nyatanya juga mempunyai manfaat untuk menyingkirkan kotoran serta singkirkan jerawat

Langkah-langkah cara menghilangkan jerawat menggunakan air garam, yaitu :
  1. Ambil segelas air hangat, lalu masukkan garam kedalam gelas tersebut dan aduk hingga garam tersebut benar-benar tercampur dengan air, sehingga air hangatnya terasa sangat asin.
  2. Kemudian ambil kapas dan rendamkan kedalam larutan garam tersebut dalam jangaka waktu kira-kira selama 1-2 menit.
  3. Setelah waktu yang ditentukan telah lewat, ambil kapas yang telah direndamkan tadi dan langsung oleskan kapas tersebut kebagian wajah anda yang berjerawat, tekan-tekan bagian wajah anda yang berjerawat dalam beberapa menit.
  4. Setelah anda menekan dalam beberapa menit, diamkan beberapa saat dan biasanya beberapa jerawat diwajah kita sedikit demi sedikit akan menjadi mati dan tidak meradang lagi.
  5. Kemudian anda bisa mencelupkan sekitar dua buah kapas langsung ke dalam larutan air garam yang sudah dipersiapkan tadi dan ulangi penekanan kembali pada jerawat secara bersamaan pada seluruh bagian sisi jerawat yang ada pada muka anda.
  6. Setelah semuanya selesai, basuhlah keseluruh wajah anda dengan menggunakan air bersih dingin hingga benar-benar bersih lalu keringkan menggunakan handuk.

Kalian bisa mencampurkannya dengan madu untuk hasil yang lebih maksimal,mengingat madu memiliki sifat antioksidan dan kaya zat anti-bakteri yang berguna menghilangkan bakteri penyebab jerawat membandel. Berikut langkah-langkahnya:

§  Siapkan 1 sendok teh garam dapur dan 2 sendok teh madu. Campur keduanya dalam mangkuk kecil, tambahkan beberapa tetes air bersih kemudian aduk-aduk perlahan. Cuci wajah anda dengan air besih, keringkan dengan handuk. Oleskan masker air garam ke area wajah yang berjerawat, lakukan dengan lembut dan penuh perasaan.
§  Diamkan selama beberapa saat (20 - 60 menit) agar khasiat masker air garam campur madu bisa diserap oleh pori-pori kulit sehingga jerawat yang meradang cepat menghilang.
§  Basuh wajah cantik anda dengan air mengalir, keringkan dengan menepuk-nepuk wajah memakai handuk lembut (bukan digosok-gosok).
§  Lakukan perawatan kulit berjerawat dengan masker garam dapur ini secara teratur minimal 1 kali dalam seminggu.


Untuk hasil maksimal lakukan terapi larutan air garam ini 2 kali sehari sebelum tidur dan setelah bangun tidur.Selain menggunakan larutan air garam tersebut kita bisa juga menggunakan bahan alami lainnya yang dikombinasikan dengan larutan air garam untuk menghilangkan jerawat diwajah.

Namun ada sedikit pantangan, jangan sampai menggunakan cara ini secara berlebihan. Kalian bisa melakukannya secara teratur, namun kalian harus melihat dan mencermati efek sampingnya pada kulit kalian. Secara medis, penggunaan Akan tetapi cara ini tidak boleh digunakan berlebihan karena dapat menyebabkan masalah kulit lainnya yaitu kulit kering.