Tips dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mentimun

Munculnya jerawat di wajah menjadi suatu permasalahan bagi mereka yang sangat memperhatikan keindahan kulit.
Jerawat bisa timbul akibat bakteri P. acne, kulit berminyak, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

 Jerawat bisa disebabkan oleh minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea, perubahan hormonal, stres, konsumsi makanan tidak sehat, kurangnya menjaga kebersihan wajah

Gejala jerawat berupa benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah. Kalian yang berada pada usia  pubertas, pasti akan menemui jerawat di wajah kalian pada periode tertentu. 

http://beautifullschool.info

Padahal masa pubertas rentan akan pencarian identitas diri dengan menunjukkan rasa percaya dirinya. Seringkali, mereka yang wajahnya berjerawat menjadi sebuah masalah yang dapat menurunkan rasa kepercayaan diri.  

Ada 2 jenis jerawat yaitu besar dan kecil. Jerawat besar biasanya hanya tumbuh satu dengan bentuk bulat dan besar. Jerawat besar ini biasanya meradang dan terasa sakit jika disentuh. Mengatasi jerawat besar harus lebih hati-hati ketimbang mengatasi jerawat kecil Hal ini dikarenakan jerawat besar mengandung lemah yang sulit dihilangkan. Lain halnya dengan jerawat kecil yang cukup di scrub. 

Ada Berbagai cara untuk menghilangkan jerawat di kulit. Beberapa memilih menggunakan metode medis dengan cara menggunakan salep, obat bahkan terapi medis. Namun, tidak sedikit biaya yang dikeluarkan jika metode medis dilakukan secara rutin. Ini mengingat bahwa jerawat itu seringkali muncul bahkan dalam jangka waktu yang dekat.

Beberapa dari mereka ada yang menggunakan cara simpel dengan metode alami.Perawatan dengan buah-buahan selama ini dianggap relatif aman bagi kesehatan kulit wajah dan rambut. Jika Anda adalah salah satu dari mereka, maka Anda dapat mencoba cara mengh dengan buah mentimun berikut ini.

1. Kandungan Mentimun

Mentimun mempunyai kandungan zat aktif yang berkhasiat untuk mendetoks tubuh sehingga menghilangkan racun-racun. Zat-zat aktif tersebut misalnya antioksidan, mineral, asam amino, dan air.  Secara spesifik entimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. 

Selain itu, mentimun juga mengandung kalsium, zat besi, megnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Kandungan mineral yang ada pada ketimun adalah pottasium, magnesium, kallium, zat besi, dan fospor. Karena kandungan potasium, magnesium, dan fospor ini ketimun baik sebagai obat alami

2.Mentimun Memberikan Efek Dingin dan Lembab pada Kulit

Salah satu manfaat timun bagi jerawat adalah dapat memberi efek dingin pada kulit. Hal ini dapat mengatasi jerawat yang meradang di wajah serta mengurangi wajah yang terkena sengatan matahari. Selain itu, menurut penelitian para ahli, kandungan air dalam mentimun yang mencapai 90% dapat menjaga agar kulit tetap lembab. sehingga penggunaan mentimun sebagai pelembab lebih baik daripada menggunakan pelembab wajah yang mengandung zat kimia.

3.Mentimun Mengangkat sel Kulit Mati

Mentimun dapat menghilangkan sel kulit mati pada wajah kita. Kotoran dan pori-pori pada wajah pun akan teratasi sehingga kulit wajah menjadi kencang dan tampak awet muda. Kandungan asam amino dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat meregenerasi kulit dan juga anti penuaan. nutrisi yang terkandung dalam mentimun dapat menjaga kesehatan kulit, dan meregenerasi kulit.

4.Mentimun Mengurangi rasa nyeri akibat jerawat

Terkadang jari-jari tangan kita merasa geli ketika tidak menyentuh jerawat yang ada di wajah kita. Kita seringkali penasaran seberapa besar dan bulatnya jerawat. Padahal, ketika jerawat yang ada di wajah kita itu besar, maka akan senut-senut atau sakit dikala disentuh. Lha mentimun dapat mengurangi rasa nyeri tersebut. Selain itu, mentimun bahkan mengurangi warna kemerahan pada jerawat kalian.

5. Cara Penggunaan Secara Sederhana

Cukup dengan mentimun yang diiris bulat dan ditempelkan di wajah. Lakukan itu 30 menit secara rutin. Selain itu juga bisa dibikin jus dimana mentimun yang sudah tua dihancurkan menjadi juice kemudian diaplikasikan ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas. Lakukan dua kali sehari sebelum mandi untuk menghilangkan noda di wajah dengan efektif.

6. Cara Penggunaan Dengan Dicampur Yogurt



Produk susu diketahui bisa memicu munculnya jerawat. Namun, kandungan bakteri baik pada yogurt bisa membantu mencegah munculnya bakteri jahat pemicu pembentukan jerawat. Maka, kalian bisa mencampurkan yogurt dengan mentimun untuk mengatasi bahkan mencegah jerawat.

Sediakan satu mentimun segar dengan ukuran sedang, satu sendok yogurt yang tanpa rasa. Bersihkan mentimun tersebut kemudian parut. Tambahkan yogurt pada parutan mentimun, kemudian aduk rata. Oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Bisa juga dengan cara lain yaitu, 

·                Potong mentimun menjadi bagian kecil kemudian haluskan sampai benar-benar lembut.
·                Masukkan 3 sendok teh yoghurt polos lalu oleskan ke kulit wajah yang terkena jerawat.
·                Biarkan selama 30 - 45 menit agar campuran kedua bahan tadi diserap maksimal oleh kulit wajah
·                Langkah terakhir bilas dengan air hangat 
·                Untuk peremajaan tambahan, semprot wajah anda dengan air dingin atau es batu.


7. Cara Pengguanaan Dikombinasikan dengan Kunyit

Dalam hal kandungan nutrisi, mentimun memiliki kandungan Vit E yang sangat banyak. Berbeda dnegan kunyit yang kandungan nutrisi Vit C nya lebih banyak ketimbang Vit E. Berbagai penelitian menemukan bahwa vit E berfungsi untuk meregenerasi sel kulit, sedangkan Vit C untuk membasmi sel kulit mati. Kombinasi keduanya sangat baik untuk kulit, dengan cara: 
  • ambil 1 ruas kunyit dan hancurkan hingga lembut dengan ditumbuk atau diuleg
  • Ambil mentimun dan blender atau diparut
  • Campurkan timun yang sudah lembut dengan kunyit yang sudah lembut pula.
  •  Balurkan ke wajah yang sudah dalam keadaan bersih dan dibasuh dengan air hangat agar pori – pori terbuka.
  •  Balurkan pada wajah dan tunggu Selma 20 –  30 menit
  •  lalu basuh wajah dengan air dingin agar pori – pori menutup kembali.
  •  Lakukan treatment ini dua hari sekali, maka dengan segera jerawat akan hilang dan noda – nodanya pun lama kelamaan akan meninggalkan wajah


8. Cara Penggunaan Dengan Dicampur Lemon

Jika anda ingin masker mentimun yang lebih bervariasi, anda bisa menggabungkan lemon dan mentimun. caranya, Blender atau parut mentimun hingga halus, lalu tambahkan satu sendok makan air perasan lemon. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit kemudia bilas hingga bersih.

Lemon dapat mencerahkan kulit wajah dan mengobati jerawat, jika anda kombinasikan dengan mentimun, tentu anda akan mendapatkan kulit wajah yang mempesona. namun dengan catatan anda rutin melakukannya.

Penggunaan lain bisa dilakukan dengan cara berikut:

·       Ambil mentimun yang sudah dihaluskan seperti langkah di atas
·       Tambahkan dua sdt lemon segar kemudian aduk hingga menyatu
·       Gunakan sebagai masker wajah di pagi dan malam hari
·       Lakukan dengan rutin setidaknya dua hari sekali untuk membantu menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat 

9. Cara Penggunaan Dengan Dicampur Tomat

·        Potong mentimun dan tomat menjadi beberapa bagian
·   Masukkan keduanya ke dalam blender kemudian haluskan untuk membuat pasta segar
·    Balurkan pasta yang sudah anda buat tadi ke seluruh bagain kulit wajah anda secara merata, termasuk yang tidak terdapat jerawat.
·     Diamkan sambil berbaring selama 15-20 menit, kemudian bersihkan wajah anda.