10 Kiat / Cara Sukses Memulai dan Membangun Usaha Wifi RT RW Net

Ketika Memulai dalam bisnis wifi, selalu saja pertimbangan mengenai modal menjadi fokus utama. Tidak sedikit dari calon pebisnis mengalami perasaan takut, khawatir
dan putus asa ketika dihadapkan dengan modal awal yang cukup besar.

Mereka kemudian mencari cara untuk mencoba menjalankan bisnis wifi dengan modal di bawah 3 juta bahkan di bawah 1 juta rupiah. Beberapa artikel memang sudah menjabarkan tentang kebutuhan memulai wifi dengan budget/modal sedikit.

Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui, bahwa dalam bisnis wifi ini sangat ketergantungan dengan berbagai jenis alat yang digunakan. Hendaknya kalian mengetahui standart alat yang berkualitas untuk dapat digunakan. Jika kalian hanya menggunakan alat ala kadarnya, akan ada efek jangka panjang yang kurang baik bagi kalian.

Saya amat menyarankan, jangan jadikan pertimbangan modal menjadi fokus utama kalian.Pilihlah modal yang sekiranya standart minimal 3 juta rupiah, agar kalian bisa tidur nyenyak. Lha kok??

Awalnya saya memang menggunakan modal 1 jutaan, namun pada faktnya itu tidaklah cukup. Saya harus merogoh goceng kembali hingga angka 5 jutaan. dan ternyata faktor yang tidak pernah saya duga-duga adalah dari segi pelanggan. kekeluargaan sangat berpengaruh dalam bisnis dan usaha ini,,,



Pengalaman saya menjalankan bisnis ini, fakta lapangan itu sangatlah sulit untuk dinalar dan dianalisis menggunakan teori apapun. Ketika saya mengambil antena yang standart bawah, antena hanya tidak bertahan lama dan hasil tidak maksimal. Mereka menjadi mengeluh sehingga muncul simbol/brand, yaitu kualitas wifi saya kurang bagus.

Ini terjadi karena RT/RWnet tidak semurah yg dibayangkan. Jika kalian berekspetasi bahwa dengan satu antena+radio bisa menjangkau ratusan meter bahkan KM an, Faktanya tidak, karena lagi-lagi tergantung lingkungan kalian semuanya. Apakah itu banyak hutan, banyak gedung, banyak jaringan lain, atau bahkan banyak makam. Analogi nya seperti toa yg mampu di dengar banyak orang, tapi si penyiar toa tak mampu mendengar jika pendengar teriak sekalipun. Ideal nya kalian harus ngocek tabungan lagi untuk membeli beberapa repeater. 

Sebelumnya saya memang pernah menulis artikel tentang kiat memulai usaha wifi dengan modal tidak sampai 3 juta, namun itu hanya berlaku dalam konteks kecil. Dalam artian, dilakukan di kampung dengan tingkat kepadatan pohon yang rendah. Belum lagi, yang harus kalian ketahui bahwa modal tidak hanya pada awal pendirian. Saya berkali kali modal demi mempercepat mendapatkan pelanggan dan saya anggap itu wajar.

Ada pepatah pembeli adalah raja, maka pelanggan juga termasuk raja. Mereka harus dijunjung, dibuat nyaman, dan merasa puas dengan pelayanan yang kalian berikan. Maka, saya akan menjabarkan standar kebutuhan dan modal kalian agar wifi kalian berkualitas.

1. Bandwith internet 1 Mb tidaklah cukup!!!

Pelanggan wifi membutuhkan internet yang tidak hanya lancar, akan tetapi juga cepat. Makna atau tafsir kata cepat sendiri dalam benak saya adalah 1 mb. Apabila kalian hanya mengambil bandwith 1 mb, sangatlah kurang untuk memulai bisnis ini. Ambilah kecepatan minimal 10 Mb dari indihome, untuk harganya masing-masing daerah berbeda.




Untuk menghemat bulanan, saran saya carilah momen dimana indihome promo. Dalam keadaan promo, indihome akan memangkas biaya perbulan hingga 25%. Promo ini biasanya terjadi pada hari-hari libur nasional seperti idul fitri, kemerdekaan RI bahkan tahun baru. Untuk regulernya, 10 mb harganya sekitar 350 ribu/bulan.

2. Gunakan Tower Triangel minimal 4 Stik

Untuk menyebarkan internet kamu, kalian butuh tempat untuk menaruh anten. Paket irit bisa menggunakan pipa, namun alangkah baiknya menggunakan tower triangle. Modal yang dikeluarkan akan lebih banyak, namun kalian akan nyaman pada perjalannya.

Dengan menggunakan tower triangel, kalian akan lebih leluasa di dalam memasang antena, tempat nya bisa lebih banyak, dan kalian bisa pointing (merubah) anten semau kalian untuk mendapatkan sinyal yang terbaik. Pointing antena di tower triangle lebih mudah dari pada di pipa besi, dan tidak sedikit dari para penyedia wifi enggan memanjat pipa besi karena beresiko.


Tower triangle memberikan kesempatan pada kalian untuk bisa memanjatnya dan bisa dengan leluasa untuk memindah naik turunkan anten serta menggerakkan antena. Tingkat kerepotanpun akan lebih sedikit ketimbang dengan model pipa besi. Ketika kalian menggunakan pipa, maka kalian harus bisa memasang tarikan/spanner, harus memasang panjatan dan bisa memastikan tarikan itu kuat.

Keadaan tersebut berbeda dengan menggunakan tower triangel, karena kalian cukup mencari penyedia tower triangle beserta peamsangan. Kalian cukup menemani penyedia tower untuk survei lokasi, dan kalian cukup nonton sambil ngrokok/tidur. Terima beres dah....

Biasanya per stik panjangnya 4 meter dengan harga 600 ribu termasuk pemasangan. Dalam hal ini, budget untuk triangel katakanlah 2 juta rupiah beserta transportnya. Jangan takut menggunakan opsi ini, karena nantinya kalian akan menemukan kenyamanan diri dan kepuasan pelanggan

3. Belilah antena yang Berkualitas

Launching RT RW NEt secara perdana dengan menggunakan barang yang berkualitas. Sasaran utama adalah warga sekitarmu, jadi kalian cukup menggunakan antena omni untuk mengcover 6 s/d 10 pelanggan. Saya sarankan menggunakan antena omni vezatech dengan radio bullet m2hp. Potensi tidur nyenyakmu akan lebih kalian peroleh.



Meskipun menggunakan barang berkualitas, tidak menjamin akan mendapat kelancaran dalam transfer data. Untuk mencapai kualitas yang diinginkan, kalian harus paham ilmu dasar tentang rt rw net. Smuanya sudah saya tulis pada artikel sebelumnya dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami.

Selama ini, penggunaan antena kualitas menengah ke atas dapat meminimalisir terjadinya permasalahan troubel dalam perjalanannya. Jangan takut untuk berspekulasi pada awalnya, karena itu juga termasuk dalam strategi mencapai sukses bisnismu.

4. Kalian yang memulai bisnis ini diutamakan adalah yang punya pengalaman sebelumnya

Pengalaman bisa didapatkan ketika kalian pernah terjun di dalamnya, ntah itu menjadi karyawan perusahaan isp, atau rt rw net lainnya. Jika kalian pernah ikut orang dalam pemasangan wifi, maka secara otomatis kalian memiliki kemampuan dasar dalam rt rw net. 



Namun, bagi yang belum pernah mengalami, kalian juga tidak perlu takut untuk memulai bisnis/usaha rt rw net. Hanya saja, tantangan yang harus kalian hadapi lebih berat dan sangat baru bagi kalian. Dalam keadaan tantangan berat, kalian harus bisa mempertahankan nama baik dari wifimu. Disitulah nanti yang harus dicemati, bahwasanya menyesuaikan dengan sesuatu yang baru tidaklah mudah.

5. Lepas Pemikiran untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya

Kapitalisme global membuat cara berpikir orang modern sekarang menjadi sangat opportunis, dimana mereka mencari keuntungan besar dengan sekecil mungkin pengorbanan. Kalau diterjemahkan dalam bahasa keuangan ya kluar uang sedikit mendapat uang banyak tanpa memperhatikan sisi halal haram.

Mulailah usaha wifi dengan fokus pada proses dan pelanggan. Sebagai manusia memang kita tidak bisa lepas dengan pemikiran untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Bahkan yang lebih parah, terkadang kita tidak ingin melalui proses yang berat. Hampir semua pemikiran dan nafsu kita menginginkan segala sesuatunya terjadi secara instan.




Hal itu memang manusiawi, maka posisi kita hanya bisa untuk meminimalisir dan berusaha menahan hawa nafsu tersebut. Dalam konteks ilmu psikologi, ketika kalian memulai sebuah usaha dengan berbagai idealisme/ekspektasi untuk selalu memikirkan keuntungan, maka kalian akan menjadi orang yang enggan berkorban. Ada juga efek lain dimana kalian akan mudah putus asa, tidak siap akan tantangan dan tidak bisa bertahan dalam sebuah bisnis. 

Mulailah menjadi orang yang bisa menghargai berbagai macam proses dan menikmati proses. Yang sangat penting, jangan jadikan uang sebagai ambisi sebuah tujuan utama. Meskipun hati kita selalu sepertik itu, tapi halangi itu dengan pemikiran dimana ada tujuan lainnya. Misalnya; ingin mendatangkan internet murah-lancar, keinginan untuk mempekerjakan rakyat sekitar, keinginan untuk membangun sebuah inovasi, keinginan untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin, dll. 

Kalau dalam istilah saya, ada yang namanya amanah dan kenyamanan. Kunci dari suksesnya bisnis wifi ini adalah 2 hal tersebut. Ketika kalian bisa amanah, menciptakan kenyamanan bagi para pelanggan, maka keuntungan itu akan datang dengan sendirinya. Dalam bahasa agama, dunia itu seperti mengejar kalian. Uang mengejar kalian karena personalitas kalian yang bisa memenuhi keamanan dan kenyamanan para pelanggan.

6. Jangan memulai usaha wifi rt rw dengan modal kecil

Lupakan bayangan bahwa memulai usaha ini dengan modal kecil. Seperti yang sudah saya tulis dalam pembukaan artikel ini terkait modal usaha. PArahnya, orang sekarang memang ingin menjalani sebuah usaha dengan modal kecil, akan tetapi keuntungan berjuta-juta. Ini bukan kesalahan pemikiran, namun kalian harus berpikir lebih luas tentang berbagai macam faktor yang mempengaruhi usaha ini.

Dalam forum-forum rt rw net banyak yang sharing tentang usahanya yang harus mengeluarkan modal tidak sedikit. Teori tentang murahnya usaha ini terpatahkan semuanya. Memang jika akan memulai dengan modal sedikit itu bisa, namun imbangi itu dengan pemikiran untuk cukup menerima keuntungan yang sedikit pula.




Ini terjadi karena berbagai macam faktor seperti lingkungan, keahlian diri/potensi diri, personalitas diri, dll. Misal lingkungan sekitarmu banyak pohon, maka kalian membutuhkan antena pemancar lebih dari situ. Belum lagi pelanggan awal juga belum tentu mau jika modal di atas 1 juta, padahal harga antena yang berkualitas pasti mendekati angka 1 juta. 

Satu pelanggan membutuhkan antena penerima, router dan kabel. Menurut kalian, apakah mereka mau membeli semua itu??

Ada yang mau dan ada yang tidak. Jika dalam lingkup 1 dusun, kalian menerapkan harga awal yang berbeda-beda, akan ada efek janga panjang yang tidak baik bagi citra usahamu. Biasanya mereka yang kalian buat harga mahal hanya karena mau membeli seluruh kebutuhan, akan merasa dicurangi bahkan dikhianati. Ada lho pelanggan saya yang seperti itu, hanya karena saya tidak ingin tombok/tambah modal. 

Mereka biasanya akan kecewa bahkan merasa tidak terima dengan harga yang lebih mahal. Kalaupun kalian mencoba mengkonfirmasi dan menjelaskan. Perasaan mereka dipenuhi akan kekecewaan, sehingga enggan untuk mengerti dan berpikir jernih untuk mempertimbangkan berbagai alasan atau konfirmasi kalian terkait biaya.

Untuk menghindari itu, kalian harus membuat standart harga yang sama dalam 1 dusun. Agar tidak ada pelanggan yang merasa "dipukul" harga. Hal kecil inipun juga ada efeknya terhadap modal lho. dalam 1 dusun belum tentu bisa dicover menggunakan 1 buah antena omni. kembali lagi faktor lingkungan sangat berpengaruh.

Ketika lingkungan kamu berada pada kontur tanah yang tidak rata, banyak pepohonan yaang rimbun, maka harus ada pengorbanan lebih besar. kebutuhan tiap klien berbeda, maka biaya yang harus dikeluarkan pada klien juga berbeda. Maka, ketika kalian menggunakan 1 harga, ketika biaya itu kurang, kalian kembali harus merogoh goceng.

Kalau dalam otak kalian hanya ingin mendapat keuntungan, maukah kalian modal lagi untuk pemasangan awal pelanggan?? tentu akan sangat berat untuk mengeluarkan uang lagi kan??

Maka dari itu, fokuskan pikiranmu untuk memberikan pelayanan pelanggan, sehingga modal lagipun kalian tidak akan terlalu terbebani. Percayalah bahwa pengorbananmu akan memberikan dampak positif yang laur biasa dan mendongkrak citra positif usahamu. Jangan khawatir, karena nantinya uang akan mengejar kalian. 

7. Penting untuk kalian membangun kepekaan sosial

Ini pengaruhnya pada manajemen pemasaran yang akan dilakukan kedepannya. Berbagai tempat memiliki berbagai macam budaya yang dan kondisi sosial yang berbeda, sehingga harus paham lingkungan untuk menentukan strategi bisnis.

Ada daerah dimana ketika akan mendirikan internet harus melalui izin resmi dari kepala desa kepala dusun hingga RT/RW. Namun ada juga daerah yang tidak perlu melalui izin rumit dan cukup mendirikan saja. Bahkan, ada juga yang jika akan mendirikan suatu usaha harus ada  ritual adat tertentu. 


Ritual adat setempat bisa berupa among-among, kenduren, atau restu terhadap tetua wilayah. Apabila tidak dilakukan bisa mendapat citra negatif dari masyarakat. Lha jika masyarakat sejak awal sudah memiliki penilaian negatif terhadap usahamu, maka ini akan menjadi kendala kalian mendapatkan pelanggan. Dalam hal ini kalian sendiri yang tahu bagaimana kondisi sekitarmu.

Kepekaan sosial juga dibutuhkan untuk memudahkan kalian dalam menajemen yang akan kalian lakukan. Misal masyarakat kalian dengan taraf ekonomi rendah, maka kalian harus mematok harga pemasangan yang lebih murah. Berbeda dengan lingkungan yang memang sudah cukup maju dengan penghasilan yang cukup tinggi.

8. Jika ingin berdiri sendiri, jangan lupa gunakan tenaga masyarakatmu

Ini sebagai strategi yang baik untuk memulai usaha. Kalian yang menjalankan usaha ini sendiri akan membutuhkan bantuan orang lain untuk pemasangan awal, hingga maintenance/pembenahan. Agar pelanggan bisa terkoneksi internet, dibutuhkan antena penerima yang ditaruh di sebuah pipa besi. Jangan sampai kalian dalam memasang pipa tersebut merepotkan dari pelanggan untuk membantu pemasangan. 

Kalian bisa menggunakan jasa orang sekitarmu yang bisa diandalkan. Syukur-syukur, kalian ada ittikad untuk mencari orang yang belum bekerja/pengangguran. Dari sini masyarakat secara otomatis akan punya penilaian positif kepada kalian yang bisa membedayakan orang sekitar. Berilah merika upah dengan rasa syukur karena telah membantu melancarkan usahamu.

Ini penting dipikirkan karena memang dalam pemasangan wifi dibutuhkan orang yang memiliki pengetahuan sedikit tentang bangunan serta kelistrikan. Jika kalian masih 0, maka carilah mereka yang memilki sedikit kemampuan itu. Pelanggan otomatis akan melihat dan menonton kinerja kalian saat pemasangan, sehingga jangan sampai grogi. Jangan lupa pula kerapihan dalam penataan kabel-kabel juga harus dipikirkan.

9. Mulailah bergabung dengan grup yang mengulas tentang rt rw net

Perlu kalian ketahui bahwa mereka yang terjun dalam usaha rt rw net tidaklah sedikit. Ada ratusan bahkan puluhan ribu yang menjalani usaha ini. Melihat ini semua, apakah sebuah persaingan???

Mereka yang bersifat opportunis/kapitalis, akan menganggap situasi seperti itu adalah persaingan yang ketat. Namun, tidak sedikit penyedia wifi menganggap bahwa itu merupakan peluang untuk menjalin kerjasama. Minimal kondisi sosial seperti itu menjadi ajang untuk bisa mendapatkan pengalaman dan belajar dari mereka yang sudah terjun sebelumnya.



Grup rt rw net banyak yang memiliki jiwa sosial untuk berbagi kok. Mereka memulai usaha juga dari 0, sehingga merasakan proses yang berat. Usahanya yang sukses merupakan prestasi dan memiliki rasa bangga ketika mau berbagi dengan sesama. 80% dari anggota grup selalu sharing tentang pengalamannya dalam usaha wifi dan saling membantu.

Ikutilah grup tersebut dan intensiflah bertanya, jika perlu salah satu dari mereka jadikan sahabat kalian. Datangi mereka untuk belajar secara langsung dengan membawakan oleh-oleh sebagai rasa terima kasih. Persaingan itu dijadikan sebuah peluang untuk saling kerjasama demi suksesnya sebuah usaha

10. Pikirkan secara matang apabila ingin mengambil hutang

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar pengusaha/pebisnis tidak pernah lepas dari yang namanya hutang piutang. Usaha wifi akan sering berhadapan dengan ketidakpastian, sehingga akan dihadapkan pada peluang sekaligus tantangan. Ketika kalian sudah merencanakan dengan analisa tepat terkait modal, belum tentu fakta lapangan sesuai dengan hitungan kalian.

Usaha wifi sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan alam, maka perkiraan kalian bisa sangat mudah dipatahkan oleh faktor alam. Tidak hanya tantangan saja yang bisa jadi beban pikiran, terkadang peluangpun menimbulkan beban pikiran dan perasaan. Ketika ada permintaan banyak pelanggan, dan mereka tidak mau biaya awal mahal juga berpotensi menimbulkan beban pikiran.




Lha tidak sedikit dari mereka mengambil pilihan untuk mencari modal untuk menghadapi dan mengatasi itu semua. Dengan hutang, maka kalian ada supply dana untuk mengerjakan secara cepat banyaknya permintaan. Selain itu ketika harus mengganti alat/antena rusak karena faktor alam, kalian juga dapat menggantinya dengan cepat. 

Model hutang dalam sebuah usaha sangat bagus ketika proses dan hasil bulanan sudah berjalan/tertata. Alangkah baiknya jangan memulai sebuah usaha dengan hutang jika pikiran kalian hanya fokus pada analisa keuntungan saja. Salah mengambil keputusan akan berdampak pada semrawutnya manajemen usahamu.

Misal pada awal usaha kalian 50% mengambil hutang, kalian belum baru ada sedikit bulanan, bahkan ketika ada pemasangan klien masih harus modal, maka itu akan mengacaukan semua manajemenmu. Mengacaukan pelayananmu, pengeluaranmu, tabunganmu dan akhirnya mengaacaukan kepercayaan pelanggan terhadap diri kalian.