Pentingnya Membangun Kepedulian pada Generasi Penerus di Desa



Pada suatu ketika, saya melihat anak-anak bermain bola di halaman utara masjid. Mereka tertawa, berteriak, dan memperlihatkan ekspresi yang riang gembira. Bagi orang seperti saya, pemandangan seperti adalah kebahagiaan sederhana yang lebih dari cukup tanpa perlu merogoh goceng.

Dari sini, saya sebagai mahasiswa dengan kampus yang cukup tersohor dijogja mulai berfikir untuk membangun sebuah proyek eksperimen. Namung...proyek ini bersifat “lemah teles” atau gusti allah yang mbales alias proyek kegiatan sosial.

Pemikiran itu muncul setelah saya merasa bahwa anak-anak tersebut haruslah difasilitasi dengan wadah tertentu untuk membangun rutinitas kegiatan bareng-bareng. Mengingat, semakin banyak mahasiswa sekarang yang hanya fokus pada mindset ekonomi, sehingga diperlukan mahasiswa yang fokus pula membangun generasi,,kenapa perlu??

1.   Anak sebagai generasi, maka diperlukan orang luar yang bisa mendidik mereka. Memang, guru dan orangtua berperan banyak di dalam membangun karakter seorang anak, namun jangan lupa bahwa aktifitas mereka tidak hanya pada 2 lingkungan tersebut.

Dalam psikologi sosial, lingkungan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk perilaku seseorang. Berpijak dari sini, dengan memberikan kegiatan dan wadah kepada anak-anak, maka mereka dapat mengkonsumsi waktu untuk kegiatan positif.

2.   Sulitnya mendapatkan teman yang baik, ketika berada di luar rumah. Anak-anak sekarang di usia SD pun sudah mempunyai teman yang bahkan luar daerahnya, hal ini karena kemajuan dalam transportasi dan telekomunikasi tentunya.

Memberikan kegiatan-kegiatan yang “memaksa” merek untuk berpikir, berkreasi, dan bekerjasama tentu dapat mengurangi pergaulan mereka pada lingkungan yang lebih luas.

3.   Sebagai warga masyarakat, kebutuhan akan adanya kepedulian dari masyarakat sekitar sangatlah penting. Rumus dasar di Desa ketika akan mendapatkan kepedulian dari mereka adalah kita peduli dulu terhadap mereka.

Keaktifan kita dalam mengarahkan anak-anak mereka akan membuat orangtua mereka berterima kasih dan memasrahkan anak-anaknya untuk bisa kita jaga. Hal ini merupakan wujud kepercayaan mereka terhadap diri kita. Kelak ketika kita ada problem apapun, tanpa kita mintai pertolongan, mereka akan siap membantu.

4.   Mendidik karakter yang penting untuk kemajuan masyarakat, lha kegiatan anak akan sangat dekat dengan kegiatan kelompok yang sarat akan kerjasama. Dari sini kita sama saja sedang mengusahakan mereka untuk menjadi orang yang rukun satu sama lainnya.

Karena saya hidup di Desa, kerukanan ini sangatlah penting di dalam kehidupan masyarakat. Setiap anggota masyarakat tidak hanya fokus pada pekerjaan, tapi juga kegiatan sosial. Mereka yang selalu siap pada kegiatan sosial di masyarakat, karena adanya rasa peduli dan pakewuh. Hal ini yang perlu dibina sejak kecil.

5.   Anak-anak haruslah mulai diajak untuk kreatif dan rekreatif, dalam artian melakukan sesuatu yang bermanfaat tapi memiliki unsur rekreasi/kesenangan di dalamnya. Mereka akan mendapatkan poin untuk berkembang dengan bahagia di usianya

6.   Karena belum tentu orang lain memiliki keinginan untuk memperjuangkan regenerasi di dalam masyarakat. Maka, sebuah kemuliaan jikalau kita mau untuk membangun kepedulian dengan mendidikasikan pikiran, waktu, dan energi kita untuk mereka