Wajib Tahu... Dampak Positif Foto Selfie Bagi Perasaan (The positive impact of selfie)




seribuhijabers.blogspot.com
Diantara tren masa kini, nampaknya selfie menjadi budaya yang ada di urutan teratas. Tren ini muncul sejak semakin booming nya penggunaan media sosial di internet. Facebook, instagram, path, twitter, dll menjadi beberapa media yang digunakan untuk memajang hasil selfienya.

Terlepas dari itu lur, ternyata tren selfie memiliki pro dan kontra dihadapan khalayak ramai. Mereka ada yang menganggap selfie sebagai perilaku positif dan ada yang menganggap itu perilaku negatif. Setiap penilaian itu tentu memiliki alasan tersendiri, sehingga memutuskan untuk mengambil sikap/kesimpulan terhadap selfie.

Apasih asiknya memfoto diri kita sendiri? Masa kita memfoto sesuatu yang sama terus tentang tubuh atau wajah kita? Waduh....Lha, sekarang kita coba untuk pelajari bareng-bareng, kira-kira apa sih dampak positif selfie?

1.      Percaya Diri Meningkat
 Foto selfie itu membuat seseorang lebih berani untuk menampilkan dirinya seutuhnya di media sosial.
A: Tenane lur??

Wajah merupakan cerminan dari kepribadian, sehingga mereka yang berani memajang fotonya dengan berbagai macam ekspresi menandakan dirinya terbuka pada banyak orang.

2.      Pengungkapan Perasaan
 Lur, tidak sedikit perasaan yang sulit sekali di sampaikan lewat kata-kata. Lha kita aja menceritakan pedas sama orang yang belum ngerti pedes aja ndak bisa. Kita harus nyuruh mereka nelen lombok dulu to biar mereka tahu??😀

Itu baru lombok, belum galau, sedih, ceria, bahagia. Lha selfie dengan berbagai macam ekspresi menjadi media komunikasi non verbal untuk menyampaikan perasaan kita terhadap orang lain.

3.      Media Pelampiasan
Sebenernya ini terkait ke pengungkapan perasaan, namun pelampiasan cenderung pada meminimalkan rasa negatif di dalam diri seseorang. Ketika kita dalam suasana negatif, maka terkadang kita tidak mampu menahannya.

Ketidakmampuan inilah sering membawa bencana, jika pelampiasannya pada hal-hal yang melukai diri sendiri, seperti mabuk, sex, dll. Lha mereka yang melampiaskan dengan selfie, setidaknya menjadi cara aman ketika hati benar-benar tidak enak.

4.      Kepuasan diri
Saat Cwo/Cwe selfie, mereka berusaha untuk menampilkan berbagai macam ekspresi yang “sempurna”. Dalam artian sempurna adalah yang bisa mengundang perhatian banyak orang. Ini menunjukkan mereka ingin diberikan kritik dan komentar atas foto-fotonya.

Semuanya tentu menginginkan komentar positif, maka mereka selalu berusaha untuk menampilkan ekspresi yang sebaik mungkin. Kalau perlu..
.....editing foto....biasa kamera 360

5.      Terbangunnya citra positif
Selfie berasal dari kata self yang berarti adalah “diri”. Mereka yang memiliki hobby selfie dan seringkali mendapatkan perhatian dari banyak orang, maka membuat mereka menganggap dirinya positif. Hal ini membuat harga diri mereka menjadi naik dan rasa banggapun muncul.
 


 Pada akhirnya, selfie memang memberikan manfaat bagi keadaan psikologis seseorang. Memang pro dan kontra akan selalu mengiringinya, namun bukankah selayaknya kita bijak dalam menanggapi segala sesuatunya kan lur??

Piye perasaanmu waktu selfie?

1.